Home » Main » Timnas Thailand U-19 tersanjung atas dukungan penuh suporter Indonesia

Timnas Thailand U-19 tersanjung atas dukungan penuh suporter Indonesia

Thailand ternyata gagal untuk melangkah ke Piala Dunia U-20 2019 setelah tersingkir di perempat final Piala AFC U-19 2018. Tiket ke semifinal harus direlakan begitu saja setelah Timnas Thailand U-19 mengalami kekalahan dengan skor akhir 3-7 dari Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (28/10/2018) sore.
Walaupun merasa kecewa, Thailand mengaku tersanjung karena mereka saat itu mendapatkan dukungan penuh dari para suporter Indonesia.
Pada jalannya pertandingan, Thailand harus takluk setelah melewati babak tambahan waktu. Meski sempat unggul 3-2 hingga menit ke-86, Thailand akhirnya dipaksa untuk bermain imbang 3-3 oleh Qatar yang membuat laga tersebut harus diteruskan melalui babak tambahan.
Dalam 2×15 menit waktu tambahan, Qatar memaksimalkan pertandingan dengan menambah empat gol yang membuat Thailand gagal melangkah ke semifinal Piala AFC U-19 2018. Namun, pemandangan unik terjadi sepanjang laga.
Suporter Indonesia, yang datang mendukung Timnas Indonesia U-19 menghadapi Jepang di stadion yang sama pada Minggu malam, ternyata ikut memberikan dukungan juga kepada Thailand. Setiap kali Thailand mencetak gol dan mendapatkan peluang, suporter Indonesia bersorak mendukungnya. Tetapi sebaliknya, pada saat Qatar membobol gawang Thailand, penonton pun mencemooh.
Dukungan luar biasa yang diterima Thailand di SUGBK itu membuat sang pelatih yaitu Itshara Sritharo, merasa tersanjung. Ia berharap untuk keharmonisan bertetangga antara Indonesia dan Thailand bisa terjaga dengan baik.
“Kami merasa tersanjung dengan dukungan dari suporter Indonesia. Kami merasakan kehangatan mereka. Kami ingin menjaga keharmonisan yang ada karena kita semua bertetangga,” ujar Itshara Sritharo.
Thailand dan Indonesia menjadi dua negara Asia Tenggara yang telah melaju hingga ke perempat final Piala AFC U-19 2018. Itshara Sritharo menganggap bahwa ini merupakan langkah bagus bagi negara-negara ASEAN untuk bersaing dengan seluruh negara di Asia.
“Sangat bagus melihat dua tim dari Asia Tenggara berada di perempat final. Saya melihat negara-negara Asia Tenggara bisa kompetitif di level Asia. Semoga ke depan kita semua bisa sama-sama berkembang di antara negara-negara kuat sepak bola di Asia,” ujar pelatih Timnas Thailand U-19 itu.