Home » Main » Tekanan target Piala AFF 2018 terhadap pelatih Timnas Vietnam

Tekanan target Piala AFF 2018 terhadap pelatih Timnas Vietnam

Pelatih Timnas Vietnam yaitu Park Hang-seo, mengakui bahwa dia di bawah tekanan Piala AFF 2018. Park mengungkapkan jika ia mendapat target dengan membawa tim berjuluk the Golden Stars tersebut meraih juara di Piala AFF 2018.
Park menuturkan, sebelum menerima tawaran untuk menjadi nahkoda bagi Timnas Vietnam per 11 Oktober 2017, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), memberikan beberapa target yang harus direalisasikannya.
Ia bahkan menuturkan, menjadi finalis Piala AFF 2018 merupakan target yang spesifik diminta dari VFF kepadanya. “Hal pertama yang disebut VFF ketika mereka mencapai kesepakatan dengan saya adalah Piala AFF 2018, jadi saya dalam tekanan saat ini,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.
Sejak diasuh oleh Park, Timnas Vietnam seolah menjelma menjadi kekuatan yang menakutkan di kawasan ASEAN dan bahkan mencakup Asia. Park telah membawa Timnas Vietnam U-23 menjadi finalis Piala AFC U-23 2018 dan juga semifinalis Asian Games 2018.
Praktis, asa publik sepak bola Vietnam padanya untuk Piala AFF 2018 cukup tinggi. Park, dengan sentuhan bintangnya, diharapkan mampu menghadirkan prestasi pertama di Piala AFF dalam 10 tahun terakhir.
Tetapi, Park mengakui bahwa ia buta dengan Piala AFF karena edisi tahun ini merupakan Piala AFF yang pertama kalinya. “Saya sedikit gugup karena saya tak punya banyak pengalaman dengan sepak bola di ASEAN. Ini pertama kali saya memimpin tim di Piala AFC. Saya dalam tekanan, tapi saya menerima tantangan ini,” kata Park.
Salah seorang ofisial VFF dalam wawancara dengan VnExpress mengungkap ketika mencapai kesepakatan bersama Park, ada tiga turnamen yang harus difokuskan, yakni Asian Games 2018, Piala AFF 2018, dan Piala Asia 2019. Dari ketiganya, Piala AFF jadi prioritas utama.
Dalam kontrak juga tertulis, jika Vietnam mencapai prestasi apik di Piala AFF 2018, Park akan menerima bonus khusus dari VFF.
Di sisi lain, untuk mewujudkan target itu, VFF memboyong Timnas Vietnam proyeksi Piala AFF 2018 menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Korea Selatan.
The Golden Stars berlatih di Paju, yang merupakan markas latihan Timnas Korea Selatan. Sejauh ini mereka sudah menjalani dua uji coba, kalah 1-2 dari Incheon FC dan menang 2-1 atas Seoul FC.