Home » Main » Kegagalan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Dunia

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Dunia

Timnas Indonesia U-19 harus takluk dengan skor akhir 0-2 dari Jepang pada laga perempat final Piala AFC U-19 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (28/10/2018) malam WIB.
Maka dari ini membuat skuat Garuda Nusantara gagal untuk lolos ke semifinal dan sekaligus juga gagal berlaga ajang Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Sementara itu, Jepang lolos ke babak empat besar dan mereka akan menghadapi pemenang antar Arab Saudi melawan Australia.
Skuat Garuda Nusantara harus mendapat perlawanan sengit dari Jepang di menit-menit awal pertandingan. Pergerakan dari Takefusa Kubo dan juga Taisei Miyashiro di lini depan ternyata mampu membuat kewalahan barisan belakang Timnas Indonesia U-19.
Saat laga baru berjalan 11 menit, Jepang berhasil menjebol gawang Indonesia lewat penampilan dari Daiki Hashioka. Akan tetapi, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Hashioka dalam posisi offside saat menerima umpan tendangan bebas dari rekannya yaitu Kubo.
Masuk menit ke-22, Hiroki Ito mengancam gawang Timnas Indonesia. Beruntung, bola hasil sepakan kaki kiri Ito yang memanfaatkan umpan dari Shunki Higashi mampu untuk dihentikan oleh kiper Muhammad Riyandi.
Timnas Indonesia U-19 beberapa kali mampu mengancam gawang Jepang lewat penampilan dari Saddil Ramdani di menit ke-27 dan 36′. Akan tetapi, bola hasil tendangan Saddil saat itu masih belum menemui target.
Ketika pertandingan berjalan 40 menit, Jepang berhasil untuk memimpin lebih dulu. Bola hasil tembakan keras kaki kiri dari Shunki Higashi di luar kotak penalti, menembus gawang Timnas Indonesia U-19. Hingga akhir babak pertama, skor 1-0 bagi keunggulan Jepang tetap bertahan.
Setelah turun minum, Timnas Indonesia U-19 mencoba untuk melancarkan beberapa serangan ke pertahanan Jepang. Lutfi Kamal coba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-51. Tetapi, upaya dari Lutfi untuk membawa Indonesia menyamakan kedudukan belum menemui sasaran.
Pada menit ke-68, bagi Saddil Ramdani yang memberikan ancaman ke gawang Jepang. Sayang, eksekusi dari tendangan bebas Saddil masih bisa digagalkan oleh kiper Jepang yaitu Kosei Tani.
Saat laga berjalan 70 menit, Taisei Miyashiro berhasil untuk menambah keunggulan bagi Jepang. Bola hasil tembakan kaki kanan Miyashiro dari dalam kotak penalti melesat hingga masuk ke dalam gawang Indonesia.
Memasuki menit-menit akhir, pertandingan berjalan semakin sengit. Skuat Garuda Nusantara yang tertinggal dua gol tak menyerah begitu saja, dan terus melancarkan serangan ke pertahanan Jepang.
Akan tetapi, upaya anak asuh Indra Sjafri itu untuk mencetak gol gagal membuahkan hasil. Sampai pertandingan berakhir, Timnas Indonesia U-19 kalah 0-2 dari Jepang.