Home » Main » Alasan pelatih Persipura memainkan Todd Rivaldo Ferre

Alasan pelatih Persipura memainkan Todd Rivaldo Ferre

Pemain muda dari Persipura Jayapura yaitu Todd Rivaldo Ferre, baru saja meninggalkan Timnas Indonesia U-19 yang telah menjalani pertandingan bergengsi di Piala AFC U-19 2018. Dia terakhir kali bermain pada saat Tim Garuda Nusantara harus kalah dengan skor akhir 0-2 dari Jepang di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018).
Hanya memiliki waktu istirahat hanya selama satu hari, Rivaldo sudah tampil bersama Persipura di laga pekan ke-28 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Dia turun ke lapangan hijau selama 22 menit melawan Persebaya Surabaya di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa siang (30/10/2018).
Pelatih Persipura yaitu Oswaldo Lessa, mengungkapkan bahwa alasan menurunkan Rivaldo yang kondisi kebugarannya tidak maksimal. Apalagi, pelatih Timnas Indonesia U-19 yaitu Indra Sjafri, mengungkapkan Rivaldo masih menderita demam saat diturunkan di saat babak kedua laga melawan Jepang.
Menurut Oswaldo, Persipura sangat membutuhkan tenaga Rivaldo untuk laga melawan Persebaya.
“Sebelum pertandingan, saya datangi dia dan bicara ‘kamu tidak bisa main bermain penuh nanti, bahkan 45 menit saja tidak bisa, tapi 30 menit mungkin bisa’. Saya tunggu jawaban dan dia bilang mau,” ungkap Lessa.
“Saya tidak bisa mengambil keputusan sendiri untuk urusan ini. Dia masih muda dan punya kualitas. Saya melihat dia percaya diri dan membuktikan kualitasnya di pertandingan ini,” imbuh pelatih yang berasal dari Brasil itu.
Alhasil, pemain muda berusia 19 tahun itu masuk di menit ke-68 untuk menggantikan Frisca Womsiwor. Dengan hanya menit bermain yang minim, Rivaldo saat itu memang tidak melakukan banyak hal.
Apalagi, situasinya saat itu Persipura sudah unggul dengan skor 3-0 berkat gol Boaz Solossa (6′) Marcio Rosario (56′) dan Hilton Moreira (66′). Dia hanya membantu memperkuat lini tengah dari tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut.
Hanya, setelah itu Persipura gagal untuk mencatatkan cleansheet karena harus kebobolan satu gol. Bek Persebaya yaitu Otavio Dutra mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-71 membuat laga berakhir dengan skor 3-1.